Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Kawasan Mandeh, “Kembaran” Raja Ampat Dari Barat Indonesia


Kamis, 06 November 2014

Kawasan Mandeh, “Kembaran” Raja Ampat Dari Barat Indonesia -
duakotopas.com (Padang) – Satu lagi objek wisata yang dapat Anda kunjungi ketika berlibur ke Sumatera Barat. Terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan  kawasan wisata Mandeh patut dikunjungi.

Keindahan alam dan suasananya hampir sama dengan Raja Ampat  yang telah mendunia itu. Sehingga banyak yang menyebut kawasan Mandeh merupakan “kembaran” dari Raja Ampat. Disebut sebagai kawasan Mandeh karena salah satu kampung yang ada di kawasan ini bernama Kampung Mandeh, yang terkenal di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan.

Di Mandeh, view indah akan menjadi latar setiap objek yang diabadikan. Ada sembilan pulau yang dapat dilirik dari satu titik. Diantaranya ada Pulau Traju, Pulau Setan Besar dan Kecil, Pulau Sironjong Besar dan Kecil, Pulau Cubadak, Pulau Bintangor, Pulau Pagang, Pulau Ular, dan Pulau Marak. Cukup menginap di Kawasan Mandeh, semua pulau dapat dijajaki dengan perahu kecil.

Pernah dengar, kapal Belanda yang dibombardir tentara Jepang pada waktu Perang Dunia Kedua, kabarnya, bangkai kapal masih mengendap hingga saat ini. Kapal buatan Belanda tahun 1915 itu dulunya digunakan untuk mengangkut hasil bumi dan keperluan pihak Belanda lainnya.

Dioperasikan oleh Koninklijke Paketvaart Mij. Diperkirakan kapal tenggelam 28 Januari 1942. “Namanya Boelongan Nederland,” kata pakar sejarah Universitas Negeri Padang (UNP) Mestika Zed saat berkunjung ke Mandeh pekan lalu.

Menurut sebagian sumber, kapal terdiri dari dua lantai. Secara fisik, kerusakan yang dialami yakni patah di bagian lambung dan dinding kapal yang terkena peluru. Letaknya miring ke kiri. Ukuran kapal memiliki panjang 70,6 meter, lebar 11,6 meter dan tinggi kapal dari permukaan dasar laut 4,2 meter.

 Bagi wisatawan yang gemar berpetualang, kawasan Mandeh dapat dicapai dengan dua jalur, darat dan laut. Melewati darat akan disuguhi dengan hutan perawan, berjarak sekitar 56 kilometer dari Kota Padang. Melewati laut, dapat ditempuh dengan waktu sekitar satu setengah jam perjalanan dengan kapal berkecepatan sedang.

Di kawasan Mandeh ini, kapal-kapal nelayan menyolek lautan dapat disaksikan selama perjalanan dari Muaro Padang. Sesampai di kawasan Mandeh, terlihat teluk berpantai landai dan tidak berombak, potensial untuk wisata menyelam dan snorkeling. Ikan-ikan kecil bercanda di pasir dangkal sekitar dermaga Pulau Cubadak. Keindahannya dapat dilihat dari ketinggian perbukitan yang mengitarinya, salah satunya Puncak Mandeh. Akhir-akhir ini, disebut dengan nama panorama satu.

Disana terdapat 3 panorama yang masih butuh sentuhan untuk mempercantiknya. Spot view terindah gugusan kepulauan kecil dan aktifitas kapal-kapal nelayan dapat “disantap” dari sana. Jadi, tak ada salahnya, kalau Anda belum bisa melancong ke Raja Ampat, ada baiknya mencoba ke kawasan Mandeh terlebih dahulu. Pastinya Anda tidak akan menyesal kalau sudah melihat ‘si Raja Ampat dari barat Indonesia’ ini. (*)

Wisata dan Budaya - padek

Postkan Komentar:

Latest Update