Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Tinjau Lokasi Banjir, Bupati Pasaman Berencana Relokasi Warga


Selasa, 18 November 2014

Tinjau Lokasi Banjir, Bupati Pasaman Berencana Relokasi Warga -
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Puluhan rumah warga yang berada di bekas aliran banjir bandang di Jorong Lungguakbatu, Nagari Kotokaciak, Pasaman yang terjadi Kamis (13/11) kemarin rencananya akan dipindahkan ke tempat yang lebih aman karena lokasi tersebut masih menuai ancaman.
 
Bupati Pasaman, Benny Utama dalam tinjauannya pada Minggu (16/11) kemarin menyebutkan, Pemkab Pasaman akan membangun bendungan pengaman di lokasi itu, sekaligus menjadi wadah untuk memecah aliran air.

“Rencananya kita akan memecah konsentrasi aliran air di sini. Jika banjir datang, maka aliranya bisa terbagi sehingga tidak terlalu mengancam rumah warga,” terang Benny.

Pasca banjir bandang Kamis lalu, memang membuat sebagian wilayah Jorong Lungguak Batu sedikit porak poranda. Namun beberapa hari pasca banjir, Sabtu (15/11) wilayah di kaki Bukit Bangku tersebut sudah mulai terlihat bersih dari tumpukan tanah, lumpur, bebatuan serta material lainnya.

Aktivitas warga juga mulai terlihat normal dan anak-anak setempat pun sudah bersekolah kembali. Awalnya, proses pembersihan sempat tekendala lantaran kurangnya peralatan. Namun hal itu tidak berlangsung lama, setelah Bupati Pasaman Benny Utama mengambil alih proses masa tanggap darurat sejak Jumat (14/11) malam.

Satu unit alat berat jenis ekskavator dan sejumlah sinso didatangkan ke lokasi malam itu juga, ditambah sejumlah anggota tim gabungan TNI, Polri, Pol PP dan bantuan anggota BPBD Pasaman dan BPBD kabupaten/kota lainnya di Sumatera Barat.

“Kita berharap perkampungan warga ini secepatnya dibersihkan dari material bekas banjir dan longsor, sehingga aktivitas warga bisa kembali normal,” kata Bupati.

Pemkab Pasaman, seperti diputuskan dalam rapat di kediaman Bupati Pasaman Sabtu kemarin, akan membantu biaya pembangunan kembali 12 unit rumah yang rata dengan tanah, termasuk bantuan untuk renovasi rumah warga yang rusak berat dan sedang.

“Rumah yang rata dengan tanah, rusak berat dan sedang akan divalidasi kembali jumlah dan kondisinya, guna menentukan besaran bantuan yang akan diberikan, sekaligus mencarikan payung hukumnya supaya tidak salah dalam penganggaran,” terang Kepala BPBD Pasaman, M. Nasir.

Sejumlah fasilitas umum yang rusak dan hancur, termasuk lahan usaha masyarakat berupa persawahan, kolam ikan dan kebun juga tengah dilakukan pendataan detail sejak Jumat lalu. Jika finalisasi data sudah diperoleh, maka Pemkab Pasaman akan langsung menggeber dengan program fisik di lokasi bekas bencana tersebut.

“Kita berupaya dulu dengan menggunakan dana DTT APBD Pasaman tahun 2014 ini, jika kebutuhan biayanya terlalu besar dan tidak mencukupi baru mencari upaya lain, termasuk ke pihak Pemprov Sumbar,” lanjut Benny. (ara)
Berita Pasaman - padangmedia

Postkan Komentar:

Latest Update