Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Belum Semua Pupuk Subsidi di Pasaman Tersalurkan


Selasa, 16 Desember 2014

Belum Semua Pupuk Subsidi di Pasaman Tersalurkan -
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menyatakan, belum semua pupuk bersubsidi tersalurkan ke masyarakat, terutama jenis ZA, NPK, dan pupuk organik untuk komoditas tanaman pangan dan perkebunan.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman Yuspi di Lubuk Sikaping, Rabu, mengatakan untuk penyaluran pupuk bersubsidi di daerah ini masih belum maksimal, terutama jenis pupuk ZA, NPK, dan pupuk organik, karena belum ada verifikasi data.

"Ada 15.471,526 ton pupuk subsidi untuk Kabupaten Pasaman yang bersumber dari dua produsen dan disalurkan oleh enam distributor. Distributor yang belum melakukan konsolidasi penyaluran pupuk bersubsidi dan kecamatan yang belum memberikan data verifikasi penyaluran pupuk subsidi," kata Yuspi.

Data Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman, menyebutkan alokasi pupuk bersubsidi untuk daerah itu pada tahun 2014 untuk komoditas tanaman pangan jenis pupuk urea dengan alokasi 5.567 ton terealisasi 5.344,58 ton, SP-3 dengan alokasi 2094 ton terealisasi 652 ton, ZA dengan alokasi 1.267 ton terealisasi 700 ton, NPK dengan alokasi 4.430 ton terealisasi 2.269,80 ton dan pupuk organik dengan alokasi 887 ton terealisasi 149 ton.

Selanjutnya, untuk komoditas perkebunan pupuk urea dengan alokasi 200 ton terealisasi 194,24 ton, SP-3 dengan alokasi 96 ton terealisasi 89,50 ton, ZA dengan alokasi 56 ton terealisasi 11 ton, NPK dengan alokasi 467 ton terealisasi 137 ton dan pupuk organik dengan alokasi 40 ton terealisasi 23 ton.

"Pupuk untuk komoditas hortikultura jenis SP-3, ZA, NPK dan pupuk organik terealisasi semuanya, hanya pupuk urea dengan alokasi 82 ton terealisasi 76,99 ton, komoditi hortikultura mendapatkan alokasi pupuk dari lima jenis pupuk tersebut sebanyak 362,89 ton, dan untuk komoditi peternakan, alokasi pupuk urea 4,636 ton terealisasi 0,3 ton," jelasnya.

Hal tersebut terungkap dalam Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) yang digelar di aula kantor Pekerjaan Umum, Rabu (10/12).

Sehubungan dengan itu, dari rapat tersebut juga terungkap ada beberapa keluhan yang disampaikan oleh peserta rapat evaluasi tersebut, yaitu terdapatnya kelebihan kapasitas penyimpanan pupuk subsidi di kios-kios, tidak terkendalinya jumlah kios penyalur oleh distributor, kios pupuk yang disatukan tempatnya dengan penjualan makanan, dan jauhnya tempat kios penjualan pupuk dengan lokasi pertanian warga.

Sementara itu, Sekda Syafei menyebutkan, rapat evaluasi hanya sekali setahun dilaksanakan sehingga KP3 kesulitan untuk melakukan evaluasi pada tahun berjalan.

"Kami mengharapkan para distributor ini membuat RDKK dan menyusun laporan yang diserahkan kepada pihak kecamatan dan melaporkan kepada KP3 dan Dinas Pertanian," jelasnya. (*/eko/jno)

Berita Pasaman - ANTARA Sumbar

Postkan Komentar:

Latest Update