Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Pemkab Pasaman Barat Kembangkan Potensi Gunung Talamau


Minggu, 11 Januari 2015

Pemkab Pasaman Barat Kembangkan Potensi Gunung Talamau -
duakotopas.com (Simpang Ampek) – Pemerntah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) akan mengembangkan potensi wisata Gunung Talamau menjadi wisata andalan pegunungan di daerah itu.
"Pemandangan Gunung Talamau cukup indah tidak kalah dari gunung lainnya di Sumbar dan di Indonesia," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pasaman Barat, Afrizal Azhar di Simpang Ampek, Minggu (11/1).

Ia menambahkan pihaknya juga sudah menyiapkan panorama atau rumah singgah di jalan menuju puncak Gunung Talamau tersebut.

Ia menyebutkan potensi Gunung Talamau sebagai destinasi wisata pegunungan sangat tinggi. Penataan harus dilakukan sehingga membuat wisatawan bersemangat datang ke Gunung Talamau.
"Pada pergantian tahun lalu kita bersama tim naik gunung dan melihat Simpang Ampek dari puncak gunung. Sangat indah dan menawan," ujarnya.

Ia menyebutkan Gunung Talamau merupakan gunung tertinggi di Sumbar dengan ketinggian 2.913 meter dari permukaan laut.

Ia menilai para wisatawan tidak akan rugi melakukan pendakian di Gunung Talamau karena memiliki pemandangan indah dan memiliki tantangan yang cukup tinggi menuju puncaknya.

Ia menjelaskan untuk mencapai Gunung Talamau itu bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama enam jam dari Kota Padang.

Pendakian bisa ditempuh dari tiga titik start, yaitu Desa Pinagar, Malampah dan Kinali dengan waktu tempuh rata-rata 12 jam. Di sepanjang jalur pendakian banyak terdapat papan penunjuk jalur, sangat membantu agar tidak tersesat.

Ia mengatakan rute awal yang dilalui adalah lahan pertanian dan ladang penduduk. Setidaknya akan ada empat pos yang akan dilalui oleh para pendaki, yaitu Pondok Bukit Harimau Campo dengan Pos Rindu Alam, Pos Bumi Sarasah dan Posko Paninjauan.

Para wisatawan dapat menikmati pesona alam di jalur dan puncak Talamau. Dari puncak Gunung Talamau, terlihat jelas Puncak Gunung Pasaman.

Gunung Talamau berdekatan dengan Gunung Pasaman dan dipisahkan oleh sebuah sungai. Dari Puncak Gunung Talamau para pendaki bisa langsung turun dan naik ke Gunung Pasaman.
"Sampai dipuncak gunung para pendaki bisa melihat 13 telaga yang ada," sebutnya.

Ke-13 telaga itu antara lain, Talago Mandeh Rubiah, Talago Biru, Talago Tapian Sutan Bagindo, Talago Cindua Mato, Talago Tapian Puti Mambang Surau dan Talago Siuntuang Sudah.

Selain itu ada Talago Satwa, Talago Puti Bungsu, Talago Putri Sangka Bulan, Talago Rajo Dewa, Talago Lumuik, Talago Imbang Langik, dan Talago Buluah Parindu.

Gunung Talamau juga berbeda dengan gunung yang lainnya. Salah satunya adalah adanya air terjun Puti Lenggo Geni dengan ketinggian 109 meter.

Selain 13 telaga tadi juga terdapat kawah belerang di lima puncak gunung yang tersebar di Gunung Talamau.

"Semua potensi itu tentunya akan kami kelola dan menjadikan sebagai daerah wisata andalan untuk daerah pegunungan," sebutnya. (*/WIJ)

Berita Pasaman Barat - ANTARA Sumbar

Postkan Komentar:

Latest Update