Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Pemkab Pasaman Kembangkan Peternakan Kambing di Kecamatan Mapattunggul


Senin, 16 Februari 2015

Pemkab Pasaman Kembangkan Peternakan Kambing di Kecamatan Mapattunggul -
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar), akan mengembangkan peternakan kambing di Kecamatan Mapattunggul pada 2015.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman, Nasrun di Lubuk Sikaping, Senin, mengatakan, anggaran yang disediakan untuk program ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2015. Beberapa kelompok akan diberi bantuan untuk pengembangan peternakan tersebut.

"Anggarannya tidak sampai Rp200 juta. Untuk tender pengadaan kambing tersebut dilakukan melalui penunjukan langsung, dimana saat ini kelompok penerima juga masih dalam tahap verifikasi," katanya.

Ia menambahkan, program tersebut akan membantu perkembangan peternakan di daerah itu. Kecamatan Mapattunggul sekarang baru fokus pada bidang perkebunan, dan dengan adanya peternakan itu bisa mengembangkan usaha masyarakat.

Mapattungul, menurutnya, selama ini terkenal dengan hasil pertaniannya. Daerah itu banyak terdapat padi ladang, dan pertanian lainnya.

Untuk program peningkatan peternakan di daerah itu pada 2015, jumlah kambing yang akan diberikan sebanyak 78 ekor untuk sembilan kelompok tani.

Mapatunggul sendiri memiliki luas daerah 605,29 kilometer persegi. Daerah tersebut berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara di sebelah utara, Kecamatan Mapattunggul Selatan di sebelah selatan, sebelah Barat dengan Kecamatan Rao Utara, dan sebelah timur, berbatasan langsung dengan Provinsi Riau.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kabupaten Pasaman, Mapatunggul didominasi peternakan kambing dengan jumlah kambing mencapai 237 ekor, kemudian ternak kuda sebanyak 57 ekor.

Sementara untuk perkebunan didominasi oleh kebun karet, dengan produksi mencapai 5.135,90 ton dan coklat dengan produksi 312,14 ton. (*/eko)

Berita Pasaman - ANTARA Sumbar

Postkan Komentar:

Latest Update