Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

KIP Sumbar: Pembentukan PPID Harus Didukung Anggaran


Selasa, 05 Mei 2015

KIP Sumbar: Pembentukan PPID Harus Didukung Anggaran - 
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Komisi Informasi Publik (KIP) Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan pembentukan Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) di kabupaten dan kota, harus diikuti dengan dukungan anggaran dari pemerintah daerah masing - masing.

Ketua KIP Sumbar, Syamsu Rizal di Lubuk Sikaping, Selasa, mengatakan KIP mendukung terbentuknya PPID di kabupaten dan kota yang ada di provinsi itu, namun terbentuknya PPID tersebut harus diikuti oleh penganggaran keperluan yang dibutuhkan, agar jalannya keterbukaan informasi publik tersebut dapat dilakukan secara maksimal.

"Kami mendukung dan mendorong setiap daerah yang membentuk PPID, karena salah satunya yang telah dilakukan oleh Kabupaten Pasaman, dengan terbentuknya struktur kepengurusan PPID beberapa waktu lalu. Namun kami berharap pemkab segera mengikuti pembentukan tersebut dengan pelantikan dan tersedianya anggaran yang dibutuhkan untuk keperluan tersebut," katanya.

Ia menambahkan, keterbukaan informasi publik itu merupakan salah satu hak masyarakat, dan hal ini tentu harus didukung semua pihak, termasuk juga keperluan bagi kelancaran pelaksanaanya.

Hal tersebut disampaikan KIP Sumbar dalam kunjungannya ke Pasaman untuk memberikan bimbingan teknis kehumasan dan keprotokolan bagi aparatur dan mitra kerja di daerah itu.

Sebelumnya, di Kabupaten Pasaman, berdasarkan Surat Keputusan (SK) bupati, dengan Nomor: 188.45/463/Bup-Pas/2015, menjelaskan terbentuknya PPID di daerah itu dengan penunjukan pejabat yang berwenang dalam memberikan pelayanan informasi publik pada masyarakat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Syafei mengatakan dalam rangka pelaksanaan Pasal 13 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi, guna mewujudkan pelayanan yang cepat dan tepat dalam penyaluran informasi di daerah ini, perlu ditunjuk pengelola informasi dan dokumentasi, sehingga saat ini Pasaman telah membuat struktur untuk mengelola PPID ini.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman merealisasikan pembentukan PPID dengan tujuan untuk mendukung keterbukaan informasi di Pasaman. Penunjukan PPID ini merupakan bagian dari strategi pelaksanaan aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi di Pasaman, kata Syafei.

"Saat ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Pasaman tahun 2015, Pemkab Pasaman telah menunjuk pejabat pelaksana dan akan dilantik dalam waktu dekat," jelasnya.

Ia menjelaskan untuk pelaksana tugas PPID tersebut, sebagai pelaksana utama diserahkan pada kepala bagian humas di kabupaten tersebut, yang didukung oleh instansi terkait lainnya, seperti Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo), serta SKPD lainnya, termasuk ditunjuknya petugas fungsional dalam bidang tersebut, yang diserahkan pada lima orang petugas.

Berdasarkan SK bupati, tugas pembina dalam PPID tersebut adalah untuk pembinaan terhadap seluruh rangkaian kegiatan pengelolaan informasi dan dokumentasi. (*)
 
Klik Untuk Share Artikel Ini >> Berita Pasaman - ANTARA Sumbar

Postkan Komentar:

Latest Update