Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Program Pembangunan Partisipatif Berbasis Nagari (P2BN) Pasaman Capai Rp3,88 M


Senin, 04 Mei 2015

Program Pembangunan Partisipatif Berbasis Nagari (P2BN) Pasaman Capai Rp3,88 M -
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Program Pembangunan Partisipatif Berbasis Nagari (P2BN) mampu menghasilkan nilai swadaya sebesar Rp3,88 miliar. Karena itu, program unggulan Pemerintah Kabupaten Pasaman ini mendapatkan peningkatan tahun ini.

Bupati Pasaman Benny Utama mengimbau para pe­laku Program P2BN, untuk dapat mengawal pelaksanaan di lapangan. “Mari kita kawal pelaksanaan P2BN ini, karena program ini menjadi unggulan di kabupaten kita ini. P2BN yang telah dijalankan dua tahun ini, sangat membawa dampak yang bagus untuk melibatkan masyarakat dalam pem­ba­ngunan. Maka dari itu, pro­gram yang baik ini jangan sampai terciderai,” ujar Benny Utama, kemarin.

Program P2BN yang me­ngadobsi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) itu, sudah memiliki landasan hukum berupa pera­turan daerah setempat. Bahkan anggarannya tahun ini terus ditingkatkan.

“Kelompok Pelaksana Ke­giatan (KPK), Kepala Jorong, Walinagari, dan Camat agar mempedomani sepenuhnya Petunjuk Teknis (Juknis) Ope­rasional Program P2BN tahun 2015 yang telah diberikan, sehingga program tersebut dapat mencapai sasaran,” te­gasnya.

Ia melanjutkan, pelaksana­an P2BN selama ini, diusulkan oleh masyarakat melalui peme­rintah nagari, kemudian pe­nger­jaannya pun dikembalikan kepada perangkat kerja di kenagarian. Biasanya, angga­ran Rp100 juta bisa mengha­silkan output pembangunan dari Rp150-Rp200 juta. Kare­na adanya nilai partisipatif masyarakat setempat.

Benny Utama mengingat­kan kepada Walinagari untuk dapat melakukan monitoring dan pengawasan terhadap pe­kerjaan P2BN yang ada di nagari masing-masing. Wali­nagari diminta untuk mem­buat pela­poran administrasi setiap taha­pan kegiatan, de­ngan harapan semoga kegiatan ini lebih baik dari tahun sebe­lumnya.

Sementara itu, anggaran P2BN terus meningkat. Pada tahun 2015 ini, Pemkab Pasa­man telah menganggarkan sebesar Rp20 miliar untuk P2BN tersebut. Anggaran ini meningkat dari tahun 2014 lalu yang hanya berjumlah sebesar Rp15 miliar.

“Sebagai informasi bagi kita semua, pada tahun 2014 kemarin terdapat sebanyak 172 lokasi pekerjaan P2BN dengan dana Rp15 miliar yang disalurkan. Namun, kegiatan sebanyak itu mampu me­ning­kat hasilnya mencapai Rp18,88 miliar,” tukuknya.

Peningkatan hasil program ini bersumber dari swadaya masyarakat dan pembebasan lahan pada lokasi kegiatan yang berjumlah Rp3,88 miliar. “Me­ningkatnya dana tersebut tidak terlepas dari dukungan serta swadaya seluruh mas­yarakat sehingga kegiatan P2BN dapat terlaksana dengan baik. Dan kita sangat bangga dengan hasil yang dicapai dari kegiatan tersebut,” pung­kasnya. (h/col)
Klik Untuk Share Artikel Ini >> Berita Pasaman - Harianhaluan

Postkan Komentar:

Latest Update