Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Pulau Pisang Kecil, Tempat Mengasingkan Diri Sejangkauan Kaki


Selasa, 19 Mei 2015

Pulau Pisang Kecil, Tempat Mengasingkan Diri Sejangkauan Kaki -
duakotopas.com (Padang) – Selain batu Malin Kundang, Pantai Air Manis menyimpan daya tarik lain yang bisa dijelajahi. Di sisi utara dari pantai ini terdapat pulau kecil bernama Pulau Pisang Kecil. Sepintas, terasa biasa saja melihat pulau kecil ini dari tepian pantai, sama seperti pulau-pulau lain yang berada di lepas pantai manapun. Namun, Pulau Pisang Kecil menjadi unik karena tidak memerlukan kendaraan apapun untuk menjangkaunya, cukup dengan melangkahkan kaki lalu sampailah di pulau berukuran sekitar 2,8 hektar ini.

Pulau ini hanya dipisahkan selat dangkal dari tepian Pantai Air Manis sebelah utara. Jaraknya pun hanya sekitar 200 meter dengan ketinggian air berkisar antara 20 cm saat surut hingga sekitar 1,2 meter saat pasang. Karena dangkal, pulau ini menarik minat para wisatawan untuk singgah sejenak saat air sedang surut. Di sana mereka dapat membayangkan sensasi berada di sebuah pulau terpencil tanpa harus menyewa perahu atau berenang.

Pulau Pisang Kecil atau dalam bahasa setempat disebut Pulau Pisang Ketek adalah sebuah pulau kecil yang tak berpenghuni. Hal ini membuat pulau yang berhiaskan pohon-pohon kelapa nan tinggi menjulang ini terasa sunyi dan damai. Karenanya, pulau ini cocok menjadi destinasi wisata bagi mereka yang ingin melepaskan diri dari kebisingan aktivitas keseharian di kota. Dengan ditemani gemericik suara ombak yang pecah dan semilir angin laut, kita dapat sejenak meregangkan otot serta menenangkan pikiran.

Meski tak berpenghuni, di sekeliling pulau ini tersedia cukup banyak dipan bambu yang dapat digunakan pengunjung. Disana terdapat pula para pedagang yang menjajakan makanan dan minuman ringan, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika tidak membawa perbekalan.

Dalam suasana yang damai, pengunjung dapat bersantai menikmati panorama garis Pantai Air Manis serta bentangan laut yang luas di sekelilingnya. Selain panorama pantai dan laut, dari kejauhan pengunjung juga dapat melihat pemandangan Gunung Padang yang terletak di sisi utara pulau ini.

Menyisir pantai hingga ke sisi barat pulau, para wisatawan juga akan melihat pulau lain bernama Pulau Pisang Besar. Saat senja tiba, pulau yang disebut juga dengan Pulau Pisang Gadang dalam bahasa Minang ini akan membentuk siluet yang indah dengan latar langit yang jingga.

Berbeda dengan Pulau Pisang Kecil, Pulau Pisang Gadang merupakan pulau berpenghuni dengan rata-rata penduduk berprofesi sebagai nelayan atau petani. Pulau yang berukuran sekitar 25 hektar ini berjarak sekitar 2 km dari Pantai Air Manis dan dapat dijangkau dengan perahu motor sewaan dalam waktu sekitar 15 menit perjalanan. [Ardee/IndonesiaKaya]
 
Klik Untuk Share Artikel Ini >>Wisata dan Budaya - IndonesiaKaya

Postkan Komentar:

Latest Update