Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

KPPS Nagari Panti Pasaman Diduga Buka Kotak Suara Bersegel


Kamis, 10 Desember 2015

KPPS Nagari Panti Pasaman Diduga Buka Kotak Suara Bersegel -
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Nagari Panti, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, diduga melakukan perbuatan pidana pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015, setelah membuka kotak suara yang telah bersegel.

Ketua Panwaslu Pasaman, Rini Juwita di Lubuk Sikaping, Kamis, mengatakan, hal tersebut diduga dilakukan oleh pihak KPPS, dimana saksi dari kejadian tersebut adalah pengawas TPS yang kebetulan lewat di TPS 07.

"Anggota KPPS dilaporkan membuka kotak suara tanpa disaksikan pihak terkait yang sudah disegel sesaat setelah selesai penghitungan di TPS 07, dan hendak diantar ke Kantor Kecamatan di daerah itu, pada Rabu (9/12) sekira pukul 23.30 WIB," katanya.

Selain diketahui pengawas TPS, kejadian itu juga sempat diketahui oleh warga sekitar, sehingga menimbulkan protes dari sejumlah masyarakat karena kotak surat suara yang disegel tersebut dibuka di depan rumah ketua KPPS setempat.

"Kejadian tersebut sedang kami proses di Panwaslu. Permasalahan ini masuk dalam pidana pemilu bagi penyelenggara, seharusnya anggota KPPS membuka kotak suara harus diketahui saksi, panwas, dan pihak terkait lainnya," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya bersama pihak kepolisian dan KPU pada malam kejadian tersebut langsung turun ke lokasi sekitar pukul 02.30, hal itu dalam rangka menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Saat ini Panwaslu sudah mengundang anggota KPPS Kecamatan Panti, selanjutnya mengklarifikasinya, mengkaji, dan selanjutnya di plenokan di Panwaslu Pasaman," jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Panti, AKP Dasman menjelaskan, pengawas TPS kebetulan lewat dan melihat anggota KPPS membuka segel kunci gembok kotak suara yang tersegel tanpa disaksikan saksi pasangan calon, saksi dan pihak Panwaslu.

Ia menambahkan, setelah diketahui pengawas TPS, ia sempat menyampaikan kepada anggota KPPS itu bahwa kotak suara yang sudah disegel tidak boleh dibuka kembali, namun karena ketidaktahuan mereka akhirnya menjadi persoalan di mata masyarakat.

Akibat dibukannya kotak suara tanpa prosedur akhirnya sempat membuat salah seorang anggota KPPS tersebut jatuh pingsan, beruntung pihak kepolisian, KPU dan Panwaslu segera datang ke lokasi dan mengantisipasi persoalan tersebut.

Berdasarkan informasi, anggota KPPS membuka kotak suara, bukan unsur kesengajaan, mereka membukanya karena ada salah satu data yang salah masuk di dalam kotak suara.

"Ia membukanya dengan alasan ada salah satu formulir yang salah masuk ke dalam amplop yang ada di dalam kotak suara, anggota KPPS mengaku tidak ada niat apa-apa membuka kotak suara yang sudah tersegel tersebut," katanya.

Ketua KPU Pasaman, Jajang Fadli mengatakan, persoalan kotak suara yang dibuka anggota KPPS Kecamatan Panti sudah diselesaikan pada malam itu juga, hingga dini harinya.

"Prinsipnya persoalan pembukaan segel kotak suara yang dilakukan anggota KPPS itu bukanlah masalah perolehan suara masing-masing dari paslon, akan tetapi ada salah satu formulir yang salah dimasukan oleh anggota KPPS, karena ketidaktahuan mereka makanya mereka membuka segel tersebut yang rencananya hendak diperbaiki," katanya.

Ia menambahkan, informasinya, anggota KPPS tersebut berencana akan membuka kotak suara di TPS 7 yang lokasinya berada di sekolah TK, namun karena di sekolah TK tersebut tidak ada penerangan (lampu-red), dan hari semakin gelap, makanya kotak suara dibuka rumah ketua KPPS. (*)
 
 
Klik Untuk Share Artikel Ini >> Berita Pasaman - ANTARA Sumbar: foto ilustrasi

Postkan Komentar:

Latest Update