Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Panwaslu Pasaman Temukan Sejumlah Pelanggaran Saat Pencoblosan


Kamis, 10 Desember 2015

Panwaslu Pasaman Temukan Sejumlah Pelanggaran Saat Pencoblosan -
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) –Penatia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Pasaman menemukan berbagai dugaan pelanggaran kampanye, dan kelalain oleh Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) setempat saat pemungutan suara Pilkada.

Ketua Panwaslu Pasaman, Rini Juwita di Lubuk Sikaping, Rabu, mengatakan dari monitoring serta laporan pihak panwas kecamatan banyak menemukan kelalaian oleh KPPS serta juga pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh salah seorang saksi dari pasangan calon bupati dan wakil bupati.

"Temuan berupa kelalain KPPS tersebut, seperti pemilih yang memiliki formulir C5, tidak dibolehkan memilih, KPPS tidak melakukan pengecekan formulir C6 saat pemilih melakukan pemilihan, pemberian surat suara hangus, hingga kekurangan surat suara," katanya.

Ia menambahkan, untuk pelanggaran kampanye, diduga dilakukan oleh salah seorang saksi, yang pada hari pencoblosan mengajak masyarakat untuk memilih pasangan calon bupati dan wakil bupati yang didukungnya, dimana hal itu jelas merupakan pelanggaran pidana pemilu jika terbukti.

Monitorong pelanggaran dan kelalaian tersebut, katanya, dilakukan di Kecamatan Dua Koto, Pangti, Mapattunggul, dan Kecamatan Padang Gelugur.

"Hingga saat ini baru itu pelanggaran yang kami temukan, dan saat ini masih terus dilakukan pemantauan di kecamatan lainnya dari 12 kecamatan yang ada," jelasnya.

Untuk KPPS yang melakukan kelalaian terjadi di Kecamatan Dua Koto, dan Panti, kekurangan surat suara terjadi di Mapattungul, dan dugaan pelanggaran pilkada terkait kampanye terjadi di Padang Geluhur.

"Untuk pelanggaran pilkada berupa kampanye, kami sedang menuju ke daerah itu, untuk mendalaminya, jika nanti dari panwascam, ada bukti kongkrit, seperti saksi, rekaman video, foto atau sebagainnya, maka hal ini dapat ditindak lanjuti, dan dibawa ke Gakkumdu, untuk ditindak secara pidana berdasarkan undang-undang yang berlaku, dan sekarang kami hanya dapat mengatakan ini sebagai dugaan pelanggaran," jelasnya.

Dugaan pelanggaran tersebut jika terbukti, menurut panwaslu setempat dapat dijerat dengan tindak pidana pemilihan pasal 187 Undang-Undang Nomor 08 Tahun 2015, ayat 01, tentang Kampanye diluar Jadwal, yang dapat menjerat pelaku.

Pelanggaran terkait kampanye tersebut, dari informasi terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02 Sitombol, Kampung Gunung Tua, Nagari Sitombol, Kecamatan Padanggelugur, dimana adu jotos antara anggota PPS Nagari dengan saksi pasangan calon nomor urut satu, nyaris terjadi, beruntung peristiwa itu dapat dilerai oleh warga.

Kejadian tersebut sekitar pukul 07.00 WIB, berawal dari celotehan saksi paslon satu, yakni Awaluddin alias kawa, yang diduga berkampanye di area TPS 02 Sitombol, sembari menunjukkan mandat sebagai saksi.

Dianggap melanggar aturan, anggota PPS Muhamad Sallim Siregar, lalu menegur saksi tersebut. Menolak ditegur, dan diceramahi oleh anggota PPS tersebut, mantan narapidana kasus pencabulan anak ini malah balik menyerang anggota PPS itu dengan lontaran kata-kata yang diduga menghina warga setempat.

Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascan) Padanggelugur, Netty, mengatakan, sudah menerima laporan terkait kejadian itu.

"Sudah ada pelapor, saksi juga banyak yang bersedia memberikan keterangan. Kita akan tangani ini secara profesional," kata Netty.

Pilkada di daerah itu, diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni pasangan nomor urut satu, Benny Utama-Daniel, dan pasangan nomor urut dua Yusuf Lubis-Atos Pratama. (*)


Klik Untuk Share Artikel Ini >> Berita Pasaman - ANTARA Sumbar, Foto ilustrasi : republika

Postkan Komentar:

Latest Update