Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Pasaman Tuan Rumah Peringatan Hari Menanam Pohon


Rabu, 16 Desember 2015

Pasaman Tuan Rumah Peringatan Hari Menanam Pohon - 
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) –Kabupaten Pasaman ditunjuk pemerintah Provinsi Sumatera Barat sebagai pusat peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) serta Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) di provinsi itu.

Asisten Bidang Ekonomi Provinsi Sumbar, Safruddin, di Lubuk Sikaping, Selasa, menyatakan, dalam rangka menjaga kelestarian hutan serta mensejahterakan masyarakat, kebijakan dan program pemerintah daerah akan terus ditingkatkan khususnya yang menyentuh kehidupan masyarakat di dalam dan di sekitar hutan.

Program tersebut antara lain Skema Hutan Kemasyarakatan (HKm) dan Hutan Nagari (HN), sehingga masyarakat di dalam dan di sekitar hutan benar-benar merasakan manfaat pengelolaan hutan secara nyata, terutama dalam meningkatkan ekonominya.

"Untuk Pasaman misalnya, saat ini telah memiliki sembilan Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan (IUPHKm) dan satu usulan IUPHKm sedang proses penerbitan SK di Sumbar," katanya.

Katanya menambahkan, disamping itu saat ini terdapat empat lokasi Hutan Nagari yang telah diverifikasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk memperoleh SK Penetapan Areal Kerja dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Ia menambahkan, Pasaman memiliki banyak tempat wisata yang potensial dan menarik untuk dikembangkan. Selain objek wisata alam, daerah itu juga memiliki objek wisata sejarah seperti Museum Tuanku Imam Bonjol yang berdiri tepat di Equator garis Khatulistiwa, yang mana tidak ada ditempat manapun museum sejarah berdiri tepat di garis Khatulistiwa, hanya ada satu satu nya di dunia yaitu di Kabupaten Pasaman saja.

"Atas dasar itu, kami mengharapkan Equator ini menjadi ikon Pemprov Sumbar dan Pemkab Pasaman," ujarnya.

Safruddin menambahkan, pihaknya berharap kedepan, semangat "ayo Kerja" dapat menjadi momentum pergerakan menanam pohon sekaligus memeliharanya dan menjaga hutan agar lestari sehingga kehidupan kita menjadi lebih baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Pasaman, Yozarwardi menyatakan kegiatan penanaman pohon itu melibatkan seluruh unsur seperti dinas terkait, investor dan juga masyarakat.
Menurutnya, dalam penanaman pohon tersebut, pohon yang bakal ditanam dari berbagai jenis pohon seperti kayu-kayuan dan tanaman serbaguna.

"Jenis kayu-kayuan itu seperti kayu ketapang, Mahoni, Tanjung dan lain sebagainya. Selanjutnya untuk pohon jenis tanaman serbaguna seperti petai, sukun, sirsak, matoa dan lain sebagainya," katanya.
Ia mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini sengaja dilakukan untuk menjaga kelestarian ekosistem khususnya di ranah Pasaman, yang merupakan salah satu daerah di Sumbar yang memiliki hutan lindung yang cukup luas.

"Agar ada motivasi dan budaya menanam serta memelihara pohon dalam rangka memperbaiki ekosistem dan lingkungan di sekitar kita," jelasnya.

Disamping itu, ia juga mengajak semua lapisan masyarakat di Pasaman agar aktif menanam pohon di lingkungannya masing-masing. (*)

Klik Untuk Share Artikel Ini >> Berita Pasaman - ANTARA Sumbar

Postkan Komentar:

Latest Update