Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Ringkasan Berita Nasional : Pilkada Serentak Berjalan Lancar, Pembangunan Menyeluruh, Hingga Peluncuran 4G Untuk Komunikasi


Senin, 14 Desember 2015

Ringkasan Berita Nasional : Pilkada Serentak Berjalan Lancar, Pembangunan Menyeluruh, Hingga Peluncuran 4G Untuk Komunikasi -
duakotopas.com (Jakarta) – Berita nasional pekan ini menyoroti berjalan lancarnya Pilkada Serentak pada 9 Desember kemarin, demikian juga terus ditekankan perlunya penyederhanaan dan kemudahan dalam menjalankan peraturan dan deregulasi untuk meningkatkan investasi dan perekonomian, pembangunan di daerah tertinggal dan seluruh wilayah, disamping itu pembangunan sektor telekomunikasi menjadi fokus penting juga dalam rangka pembangunan komunikasi yang menyeluruh di seluruh wilayah Indonesia.

Penyederhanaan Aturan Pengelolaan Sampah Jadi Energi
Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas (Ratas) yang membahas masalah pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik, di kantor Presiden, Jakarta, Senin (7/12), menyatakan potensi pengelolaan sampah menjadi energi prospeknya besar dengan banyaknya sampah yang bisa diolah, namun peraturannya masih menyulitkan, karena itu perlu segera disederhanakan dan dipermudah. Presiden Jokowi berharap target energi baru dan terbarukan pada 2025 sebesar 23% bisa tercapai.

Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut, Menteri ESDM Sudirman Said akan berkordinasi dengan Menteri Dalam Negeri  (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya untuk memilih kota-kota yang menjadi pelaksana dari pilot project ini. Mengenai kota yang akan menjadi pilot project, Sudirman mengatakan kemungkinan akan di pilih 10 kota. Seperti Solo, Surabaya, Bandung, DKI Jakarta.

Sudirman juga menjelaskan bahwa ada tiga tugas yang harus dilakukan. “Investor banyak tertarik tapi karena regulasinya belum cukup jelas, maka tadi tugasnya tiga. Satu regulasi diperjelas, disederhanakan, Yang kedua, tarif juga diperjelas supaya baik kota, investor, maupun PLN itu punya kejelasan, resikonya berapa yang mesti ditanggung. Ketiga institusi, institusi ini harus memilih pilot project supaya bisa diawasi, dimonitor dengan baik,” paparnya.

Pembangunan Daerah Tertinggal
Dengan pertimbangan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 6 ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, Presiden Joko Widodo pada tanggal  4 November 2015 telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 131 Tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015 – 2019.

Dalam Perpres itu disebutkan,  Daerah Tertinggal adalah daerah kabupaten yang wilayah serta masyarakatnya kurang berkembang dibandingkan dengan daerah lain dalam skala nasional. Suatu daerah ditetapkan sebagai Daerah Tertinggal berdasarkan kriteria: a. perekonomian masyarakat; b. sumber daya manusia; c. sarana dan prasarana; d. kemampuan keuangan daerah; e. aksesibiltas; dan f. karakteristik daerah.

Kapal Pembangkit Listrik Tenaga Gas
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beroperasinya kapal pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) Karadeniz Powership Zeynep milik Perusahaan Turki Karpowership, Pelabuhan PT Indonesia Kendaraan terminal, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/12) siang.

Dirut PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basyir dalam laporannya mengatakan, kapal tersebut didatangkan untuk menjembatani kebutuhan listrik saat ini menuju kesiapan listrik yang diproduksi oleh pembangkit-pembangkit dalam program 35 ribu MW pada 3-5 tahun ke depan. Kapal tersebut akan menuju Amurang untuk memasok sistem kelistrikan Sulawesi Utara dan Gorontalo, melalui tegangan 150 kV. Sehingga diharapkan kondisi defisit pasokan listrik di sistem di sana akan dapat teratasi, dan daftar tunggu para pelanggan listrik dapat segera dilayani.

Sofyan menyebutkan, dalam enam bulan ke depan, PT PLN juga telah mempersiapkan empat unit kapal yang sama, yaitu satu unit kapal 240 MW untuk tujuan Medan (Sumatera Utara), satu unit kapal 60 MW untuk tujuan Ambon (Maluku), satu unit kapal 60 MW tujuan Kupang (NTT), dan satu unit kapal 60 MW untuk tujuan Lombok (NTB), dengan jadwal pengoperasian berakhir pada bulan Juli 2016.

Sementara itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pengadaan Marine Vessel Powerplant itu merupakan trans program dalam mengatasi keluhan kurangnya pasokan listrik, krisis listrik, dan mati lampu yang diterimanya saat berkunjung ke daerah, ke propinsi, kabupaten, maupun kota.

Pilkada Serentak Berjalan Lancar
Hingga Rabu (9/12) siang, pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar secara serentak di 264 daerah telah berajalan lancar, belum ada laporan kejadian luar biasa.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menilai, proses pelaksanaan Pilkada di 264 daerah, yang semula direncanakan di 269 daerah itu menjadi tonggak sejarah karena untuk pertama kalinya Indonesia melaksanakan Pilkada secara serentak.

Terkait pelaksanaan Pilkada di 5 (lima) daerah, yaitu: Kabupaten Pemantang Siantar, Kabupaten Simalungun, Provinsi Kalimantan Tengah, Kota Manado, dan Kabupaten Fakfak, menurut Arief, KPU memutuskan untuk melakukan penundaan menyusul keluarnya keputusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) yang mengabulkan gugatan dari pasangan calon (paslon) kepala daerah di lima wilayah tersebut.

Pembangunan Sejuta Rumah Diteruskan Tahun 2016
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan tetap melanjutkan pelaksanaaan Program Pembangunan Sejuta Rumah pada tahun 2016 mendatang. Selain untuk mengurangi kekurangan kebutuhan (backlog)perumahan yang terus meningkat setiap tahun, Kementerian PUPR juga ingin agar peran aktif pengembang dan pemerintah daerah bisa lebih aktif dalam pelaksanaan program tersebut di daerah.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin menjelaskan, meskipun target sejuta rumah tidak berubah, namun pihaknya akan akan sedikit mengubah proposi pembangunan rumah untuk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah).

“Jika sebelumnya perbandingan pembangunan rumah untuk MBR sekitar 600.000 unit dan non MBR 400.000 unit, maka ke depan angkanya akan diubah yakni rumah untuk MBR naik menjadi 700.000 unit dan non MBR hanya 300.000 unit saja. Namun, targetnya tetap sejuta unit rumah,” kata Syarif kepada wartawan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Persiapan Asian Games 2018
Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memimpin rapat terbatas yang membahas persiapan penyelenggaraan Asia Games (AG) 2018, di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (11/12) siang.

Rapat terbatas itu digelar untuk memastikan sejauhmana persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018. Persiapan di Palembang, persiapan di Jakarta , persiapan di Banten, persiapan di Jawa Barat, kata Presiden Jokowi, semuanya betul-betul secara detil perlu dilihat karena waktunya sangat, sudah sangat mepet sekali.  Terutama yang berkaitan dengan venue-venue yang perlu dirombak total, perlu direnovasi. Juga terkait kampung atlet, yang menurut Presiden, sampai hari ini masih ada sedikit masalah.

Penyediaan Lapangan Pekerjaan di Sektor Kelautan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kesekian kalinya mengajak masyarakat untuk kembali ke lautan, untuk menggerakkan ekonomi nasional. Presiden meyakini, masa depan Indonesia itu ada di laut, ada di samudera. Karena di situlah, kata Presiden, nanti akan menyediakan lapangan pekerjaan. Dari situlah nanti kita akan bisa meningkatkan income dan devisa bagi negara, dari situlah nanti kita mempunyai ketahanan pangan dan gizi nasional.

“Itu harus diyakini. Karena kalau kita lihat sejarah, bangsa kita ini besar karena kita tidak memunggungi laut, tidak memunggungi samudera. Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Majapahit, jaya karena mereka bisa menguasai lautan. Sejarah seperti itu harus menjadi pegangan kita,” kata Presiden Jokowi saat bersilaturahmi dengan penerima penghargaan Adibakti Mina Bahari Tahun 2015, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (11/12) siang.

Peluncuran Layanan 4G
Presiden Joko Widodo meluncurkan layanan 4G di frekuensi 1.800 Mhz secara nasional, di Museum Nasional, Jakarta, Rabu (11/12) sore. Layanan 4G LTE 1.800 MHz tersebut dioperasikan oleh lima operator yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL, Hutchison 3 dan Smartfren.

Program percepatan penyediaan layanan akses mobile broadband yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) merupakan momentum revolusi digital di Indonesia. Melalui ketersediaan 4G LTE yang memberikan layanan akses data yang lebih memadai  diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih maksimal kepada  masayarakat di tengah kebutuhan layanan akses data yang terus meningkat.

Menteri Komunikasi dan informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam laporannya mengatakan,  hal penting dalam pembentukan ekosistem digital di Indonesia diantaranya percepatan pembangunan broadband di seluruh Indonesia secara merata, pemberdayaan Usaha Kecil Mandiri menjadi pelaku aktif ekonomi digital atau e-commerce, dan memberikan dukungan penuh terhadap komunitas developer aplikasi lokal, start up muda sehingga dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Pengoperasian Kapal Ternak
Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengemukakan, pemerintah telah melakukan kontrak pengadaan 5 (lima) kapal pengangkut hewan ternak seperti KM Camara Nusantara 1 yang mengangkut sapi dari Nusa Tenggara Timur (NTT) menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Kontrak ini telah ditambah 2 (dua) unit lagi, yang diharapkan dalam setahun ke depan sudah bisa diperasikan.

“Tidak lama, kalau bisa setahun selesai, kan sudah ada gambarnya. Setahun lagi lah paling lama,” kata Jonan kepada wartawan saat mendampingi Presiden Jokowi meninjau kedatangan KM KM Camara Nusantara 1 yang membawa 350 ekor sapi dari NTT dan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (11/12) sore.

Pembangunan Tol 1000 Km
Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 313 triliun untuk membangun infrastruktur di seluruh Indonesia. Untuk itu, pemerintah menargetkan dalam 5 (lima) tahun mendatang akan dibangun jalan tol sepanjang 1000 kilometer (km).

“Jalan tol yang dibangun sejak merdeka hingga sekarang hanya 800 km. Lima tahun ke depan, pemerintah minimal akan membangun 1000 km,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan berbicara Kongres ke-20 Persatuan Insinyur Indonesia (PII) – 2015, yang diselenggarakan di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, Sabtu (12/12).

Penyelesain Kebijakan 135 Deregulasi
Kepala Staf Presiden Teten Masduki menjelaskan, saat ini dari 165 deregulasi, 135 deregulasi di antaranya sudah diterbitkan atau sudah masuk ke Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) untuk diterbitkan. Sisanya, sebanyak 30 deregulasi, masih dalam proses penyelesaian di tingkat Kementerian / Lembaga.

Jadi paket ekonomi ini berjalan sesuai rencana. Kementerian terus melakukan perubahan dan mengimplementasikannya. Kami di Kantor Staf Presiden terus memonitor perkembangan, kemajuan dan dampaknya,” kata Teten kepada wartawan, di Kantor Staf Presiden, Minggu (13/12).
Untuk 135 deregulasi yang sudah selesai, menurut Teten, tim Kantor Staf Presiden dan Kemenko Perekonomian akan segera melakukan evaluasi dampak terhadap pertumbuhan ekonomi Republik Indonesia

Dalam siaran pers itu, Kepala Staf Presiden Teten Masduki menjelaskan, paket kebijakan ekonomi 1 sampai 6 melibatkan 17 Kementerian / Lembaga. Lebih dari separuhnya (53%) terfokus di 4 Kementerian saja, yaitu: Kementerian Perdagangan, Kementerian Negara Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Keuangan.

Berdasarkan dari jenis peraturan yang harus dideregulasi, menurut Teten, mayoritas (78%) masuk ke dalam kategori Peraturan Menteri, Keputusan Menteri, Peraturan Kepala Lembaga, dan Surat Edaran. Sedangkan 22% yang masuk ke dalam kategori Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden, dan Keputusan Presiden. Berarti penyelesaian paket ekonomi ini kebanyakan harus diselesaikan ada di level Menteri dan Kepala Lembaga.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

Klik Untuk Share Artikel Ini >> Berita Nasional - vibiznews

Postkan Komentar:

Latest Update