"Pasaman Barat Expo ini dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Pasbar ke-12 yang bertepatan pada 7 Januari 2016,"kata Pj. Bupati Pasaman Harat, Fajarudin di Simpang Ampek, Minggu.

Pantauan di lapangan, Pasaman Barat Expo yang diadakan cukup mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Ratusan stand dan tenda berdiri di halaman kantor bupati setempat yang pada umumnya diisi oleh berbagai macam pedagang dan pelaku usaha.

Selain itu juga ada stan pameran dari Pemkab Pasaman Barat yang berisikan potensi dan produk daerah yang ada.

Pengunjung juga begitu antusias sejak Pj Bupati Pasaman Barat Fajarudin membuka secara resmi acara Expo tersebut pada Kamis (31/12) atau sebelum perayaan tahun baru 2016.
Turut hadir pembukaan itu Kapolres Pasaman Barat, AKBP Toto Fajar Prasetyo, Sekda Yasri Uripsyah, Forkopimda, para kepala dinas/badan, kantor dilingkungan Pemkab Pasaman Barat dan ribuan masyarakat juga mamadati halaman kantor bupati tersebut.

Ia mengatakan Pasaman Barat Expo merupakan rangkaian perayaan HUT Pasaman Barat ke-12 yang juga sebagai wadah dalam mempromosikan produk-produk unggulan lainya.

Selain itu sebagai peluang Investasi daerah dalam memberikan informasi kepada masyarakat atas keberhasilan Pasaman Barat yang telah dicapai selama ini.

Ia menilai Pasaman Barat Expo ini merupakan ajang edukasi, hiburan masyarakat dengan menampilkan pertunjukan, seni budaya tradisional dan beragam perlombaan sosial kemasyarakatan lainnya.

"Kegiatan ini juga sangat penting dalam memberikan ruang media apresiasi bisnis kepada usaha kecil dan menengah dalam memamerkan karya dan produknya lainya agar dapat diketahui oleh pelaku bisnis dan dunia usaha lainya," ujarnya.

Tujuannya nantinya dapat menarik kunjungan wisatawan baik lokal maupun internasional yang akan berkunjung ke Pasaman Barat.

Ia mengharapkan dengan adanya Pasbar Expo ini bisa memberikan hiburan kepada masyarakat. Selain itu juga bisa mempromosikan produk daerah, UKM dan berbagai potensi daerah Pasaman Barat.

Sementara itu Kepala Dinas Koperindag & UKM Pasaman Barat, Fadlus Sabi meyampaikan kegiatan Pasaman Barat Expo itu diikuti sebanyak 200 peserta yakni Stand SKPD 15 tenda, Stand Kecamatan 11 tenda, Stand BUMN 14 tenda dan Stand usaha kecil dan menengah sebanyak 160 tenda.

Menurutnya, kegiatan ini berlangsung delapan hari untuk mempromosikan produk usaha kecil dan menengah kepada masyarakat dan calon pembeli yang ada di Pasaman Barat maupun diluar kabupaten.

"Ajang Expo ini juga sebagai wadah bagi pelaku usaha kecil untuk saling tukar informasi terkait dalam pengembangan usahanya," sebutnya. (*)

Editor : Joko Nugroh