Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Beberapa Kecamatan di Pasaman Alami Krisis Air


Kamis, 13 Oktober 2016

Beberapa Kecamatan di Pasaman Alami Krisis Air -
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, mengalami krisis air karena musim kemarau yang melanda daerah itu sejak lima bulan terakhir.

Salah seorang warga di Kecamatan Mapattunggul, Mardalis, Rabu mengaku terjadinya krisis air ini karena daerah itu mengalami musim kemarau sejak lima bulan lalu.

"Untuk mendapatkan air, kami setiap hari dengan menggunakan jerigen pergi ke mata air Simpang Salekoh. Bisa antri sampai pukul 03.00 WIB dini hari. Anak-anak sekolah pergi mandi sekitar pukul 4.30 WIB dini hari, supaya tidak terlambat ke sekolah," katanya.

Sementara itu, Syamsuir warga Jorong Rambahan Kecamatan Rao Selatan juga mengeluhkan sulitnya mendapatkan air bersih karena air dari bantuan Program Pamsimas sudah tidak bisa lagi mengaliri rumah warga yang disebabkan oleh pasokan air yang tidak mencukupi.

"Selain itu, kita juga tidak bisa turun ke sawah karena musim kemarau ini. Air irigasi juga belum bisa mengaliri lahan pertanian di sini. Kami juga tidak tahu mengapa air irigasi ini belum lancar. Kami sangat berharap kepada pemerintah daerah untuk segera mencarikan solusinya. Ini bisa menganggu ekonomi masyarakat, apalagi untuk untuk keperluan sekolah anak-anak," ujarnya.
Menanggapi keluhan warga tentang sulitnya mendapatkan air bersih ini, Pemerintah Kabupaten Pasaman mengirimkan satu tangki air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) ke Nagari Pintu Padang, Kecamatan Mapattunggul.

Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengatakan pengiriman tangki air bersih untuk daerah yang sulit mendapatkan air ini hanya untuk sementara.

"Ini merupakan permintaan warga. Sekarang ini kita atasi dengan bantuan tangki air bersih dari PDAM. Satu tangki air bersih yang berukuran besar milik PDAM ini bisa memenuhi kebutuhan air bersih sebanyak 187 Kepala Keluarga di nagari Pintu Padang tersebut," ujarnya.

Bupati mengatakan telah menggelar rapat dengan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) seperti Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum dan juga pihak PDAM untuk membahas persoalan krisis air yang melanda daerah Pasaman bagian utara ini.

"Siang tadi kita rapat pihak terkait, dalam rapat tersebut pemerintah daerah akan mengambil ¿langkah-langkah untuk menghadapi krisis air bersih ini. Krisis air bersih dan air untuk pertanian tidak hanya terjadi di Mapattunggul saja, namun juga terjadi di Kecamatan Rao, Rao Selatan, Padang Gelugur dan Kecamatan Panti," katanya.

Menurutnya, krisis air ini sudah meluas ke aspek perekonomian warga, karena tidak saja ketersediaan air untuk konsumsi namun juga menganggu aliran irigasi untuk pertanian.

"Selain karena faktor cuaca, krisis air ini juga disebabkan oleh pembangunan jaringan irigasi Panti-Rao belum tuntas, sehingga pasokan air ke area pemukiman dan pertanian warga tidak lancar," ujarnya.

Ia mengatakan telah melakukan peninjauan langsung ke Rao Selatan untuk memeriksa kondisi irigasi yang sudah kering.

"Ternyata sudah banyak yang tersumbat karena adanya tumpukan pasir dan kayu. Ada juga masyarakat yang menanam sayuran di saluran irigasi ini. Pihak Provinsi Sumbar juga telah turun untuk membantu membersihkan saluran irigasi karena ini merupakan wewenang mereka. Dalam tiga hari kedepan saluran air irigasi tersebut sudah bersih kembali," ujarnya.

Yusuf Lubis meminta kepada pemerintahan kecamatan untuk mengambil langkah strategis dan cepat sehingga kesulitan untuk memperoleh air bersih oleh warga ini dapat teratasi secepat mungkin. (*)


Editor : Joko Nugroho
Klik Untuk Share Artikel Ini >> Berita Pasaman - ANTARA Sumbar

Postkan Komentar:

Latest Update