Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

(Cerpen) Belajar Jujur - Belajar di Tolilet


Sabtu, 17 Desember 2016

(Cerpen) Belajar Jujur - Belajar di Toilet - 
duakotopas.com – Sebenarnya,, setiap hari kita itu selalu diberi pelajaran jujur. Setiap hari kita mendapatkan nilai tambah kejujuran dalam insan kita. Namun jarang sekali kita menyadarinya. Ni baru aja aye masuk kelasnya. Mau tahu?

Orang jujur itu adalah orang yang terbuka, tidak bengkok atau lurus dan ikhlas. Dan kita sangat sangat sadari, jarang sekali kita dapati orang jujur disekitar hidup ini. betul, betul, betul.

Kenapa kita sulit jujur? Karena eh karena kita tidak terbuka jawabnya. Kita kurang terbuka.

Lalu, Bagaimana belajar terbuka paling praktis? Dimana belajar terbuka paling ekspert?
Dimanakah tempat yang membuat saya langsung menjadi orang terbuka atau jujur?
Ketiga pertanyaan diatas jawabannya adalah di toilet.

Alasan pertama adalah di toiletlah kita bisa terbuka-seterbuka nya. Ditoilet lah saat kita ada hasrat untuk BBM (BAK BAB Mandi), ingat ye BBM. B yang pertama BAK, B yang kedua BAB, dan M itu mandi. Camkan bro-sis karena nanti berguna untuk selanjutnya. Misal kalau kita M, gak mungkin kan pake jas atau jas hujan apalagi kebaya. Terbuka aja deh. Pernah lihat orang M pake high heel? Pernah lihat orang M pake wik syahrini, M sambil maju mundur jatuh, karena kepeleset di toilet. Kalau M ya buka semua. Kita tidak bisa bohong.

Kita akan buka semuanya lalu menuntaskan semua urusan itu. Apalagi kalau kita diperhadapkan dengan B yang kedua. Ampun dah mang. Tidak ada yang dapat menghadang keinginan kuat itu. Siapapun akan kita lawan, kejar, sikut, tarik, jambak demi kita bisa masuk ke toilet. Sesampainya masuk ditoilet, lagi lagi kita akan jujur. Tidak ada dusta antara kita. Semua nya kita buka. Disinilah anda belajar jujur kembali. Jujur aja tumpahkan semua penderitaanmu. Lalu anda terdiam dan berkata merdeka. Ini legaaaaa banget, sambil tahan nafas dengan muka yang gak kosong.

Alasan kedua karena di toiletlah kita merasa bebas-sebebasnya. Ada saya kenal seorang yang suka ke toilet walau tidak ada urusan BBM tadi. Dia malah menyendiri di toilet. Nyiram-nyiram tembok. Ngelamun. Bisa sampai setengah jam. Dia merasa bebas tekanan dari orang-orang di rumahnya. Are you? Sadis. Baginya inilah kebebasan man. Sambil menancapkan bendera dan berkata: ini daerah kekuasaan ana, ente jangan macem -macam.

Ada juga yang ngudut di toilet. Dia merasa bebas dari aturan tidak boleh merokok di tempat umum. Jadi jangan heran bila banyak puntung rokok di toilet umum. Ada juga yang hobi B yang kedua sambil ngudut. Dia si enak, orang lain yang kena sisa asapnya. Mikir dong bro!! Gimana perasaan si doi yang setelah ini. Mereka menjadi pasukan perokok pasif yang aktif.

Ada juga yang merasa bebas-sebebasnya dengan M di bath up di toilet. Luluran. Pakai pelembab. Keramas. Ini biasanya wanita dan seperempat pria yang melakukannya. Berendam air panas juga mantep tu. Mereka jujur bebas lepas kutinggalkan semua beban di tut tut tut ku.

Alasan ketiga karena di toiletlah kita membersihkan sisa yang kotoran yang ada, yaitu sisa dari kotoran BBM. Tidak pernah saya melihat orang membersihakan kotoran BBM itu di loby kantor, di depan kantor, di ruang meeting, di pasar kaget dan tempat keramaian lainnya. Pasti ditoilet. Kita jujur telah membuang sesuatu sampah dan kita perlu tindak lanjut untuk membersihkan sisa kotorannya. Akan jadi masalah pidana dan maju ke perdata bila tidak kita bersihkan. Kita juga belajar jujur disini, di toilet. Jujurlah bersihkan itu. Masak harus pake mami poko. Males keles.

Tau gak kalau beberapa tempat toilet itu disebut restroom? Yang artinya tempat beristirahat. Toilet juga menjadi tempat kita beristirahat. Thats right baby. Bila kita ke mall, setelah perjalanan yang panjang menuju mall, ketek keringetan, muke berminyak, rambut bau sinar matahari, laku kebanyakan dari kita langsung ke toilet, sebenarnya untuk istirahat. Sesudah muter-muter gak jelas di mall karena gak ada uang, kita ke toilet juga, sambil bilas muka dengan air seolah memberi tanda aku baik-baik saja, wong muka ku sueger. Tenang rhoma aku baik-baik saja, kata si ani. Bukankah kita sedang istirahat membuang sesuatu dan biar ngeramein toilet aja, ngikut-ngikutin temen.

Toilet ini sangat penting. Bayangin di tiap rumah pasti ada toilet, berarti di tiap rumah semua orang belajar jujur. Setiap hari semua orang di dunia ke toilet, berarti setiap hari orang belajar jujur. Setiap hari ada juga orang yang membersihkan toilet (jasa cleaning dan PRT), menandakan setiap orang menginginkan mereka bisa nyaman di toilet. Pernah saya masuk ke fasilitas toilet dari pejabat setingkat menteri, emmm, di dalam toilet  ada kulkas, ada lemari, ada bath up, ada shower, view nya menghadap laut, luasnya sekitar 3×10 meter. Ini toilet apa kontrakan ya.

Terima kasih toilet, terima kasih sobatku. Engkau sobat yang selalu menampung sampah-sampah hidupku. Kapan-kapan aku maen kerumahmu yang paling dalam ya. Nanti tak siapin masker dan obat anti muntah. Engkau sobat yang selalu tersedia bagiku, keluarga aja kadang sibuk. Engkau sobat yang kudatangi setiap kali aku butuh, tapi curang engkau gak pernah mendatangiku. Tengs bro

Engkau juga sobat yang selalu mewarnai hidupku, sehari saja tanpamu apalah aku ini jadinya. Entah mau kutaruh kemana semua sampahku itu. Serius ni. Engkau juga menyediakan kaca supaya aku rapi, ganteng, cuantik sebelum mengahadapi kerja, rapat, ibadah, kondangan, ke mall, atau mengahadap kecengan atau camer. Tengs bro

Engkaulah sobatku yang tidak pernah mengeluh. Kalau engkau mengeluh nanti keluar semua isi mu, apa kata dunia nanti kawan. Cukup saja aku yang mengeluh dihadapanmu. Tengs bro

Engkaulah yang mengajarkan kejujuran. Engkaulah sobatku. Terima kasih sobat, terima kasih toilet. Kapan-kapan kita selfie bareng yow. Tengs bro.

Untuk semua pembaca jangan lupa ke toilet, plis guys. Kalau perlu habis baca ini, larilah ke toilet. Lepaskanlah semua bebanmu. Ada potensi ancaman terbesar dalam hidup anda bila melupakan ini.  Dia menunggumu. Bertemanlah dengan toilet, hargailah toilet, belajarlah dari toilet.

Salamat rebutan ke toilet. Tapi jangan lupa bawa uang rebuan untuk bayar di toilet umum, kecuali anda di hutan dan ditontoni ular beludak. Enak aja gratis, kata yang jaga toilet. Tapi tetep aja bilang tengs bro. Kapan-kapan kita ngobrol lagi.

Klik Untuk Share Artikel Ini >> Cerpen - seword.com

Postkan Komentar:

Latest Update