Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Hari Santri, Ini Kondisi Ponpes di Pasaman Barat


Senin, 23 Oktober 2017

Hari Santri, Ini Kondisi Ponpes di Pasaman Barat -
duakotopas.com (Simpang Ampek) – Pondok Pesantren di Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar, butuh perhatian untuk menjadi pesantren yang profesional dan melahirkan lulusan yang berkualitas.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Miswan di Simpang Empat, Senin, mengatakan jumlah pesantren di Pasaman Barat saat ini mencapai 26 pondok pesantren.

Namun, jika ditanya kondisi pesantren tersebut saat ini memang tertinggal dengan daerah lain. Sebab kondisi bangunan banyak yang memprihatinkan dan butuh bantuan semua pihak.

"Melalui hari santri ini kita ingin meminta perhatian semua pihak untuk mendukung pendidikan pesantren. Melalui pendidikan agama maka generasi muda kita akan senantiasa menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, agama dan keluarga," tambahnya.

Menurutnya yang memprihatinkan pesantren yang ada yang kondisinya berdinding bambu. Sementara tenaga pengajar sebagian sudah diakreditasi begitu juga dengan pondok pesantren tersebut.

Sementara Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto meminta agar seluruh santri yang berada di pondok pesantren di Kabupaten Pasaman Barat diminta ikut menolak faham radikal dan mengubah image masyarakat tentang pesantren hanya sebagai pendidikan agama saja.

Sebab sejak dahulu hingga sekarang santri memiliki peran penting dalam pembangunan dan perjuangan.

Di hadapan ratusan santri dan santriwati, Yulianto meminta seluruh santri di Pasaman Barat diminta ikut berperan aktif dalam menolak faham radikal yang saat ini dinilai sangat rawan merasuk para genarsi muda.

Terlebih beberapa anggapan menyatakan bahwa sejumlah pondok pesantren terlibat aksi terorisme.

Santri ini memiliki peranan khsusus di tengah masyarakat, untuk itu kita minta kepada parasantri untuk menolak faham radikal, ujarnya.

Seluruh santri di Pasaman Barat bisa mengambil peran menjaga kesatuan negara kesetuan Republik Indonesia. Pasalnya saat ini banyak faham dan sifat yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab mengatasnamakan Islam untuk menimbulkan kekacauan.

"Di sinilah peran kita semua, melalui hari santri ini kita menitipkan pesan kepada anak-anaknya agar menjaga NKRI ini. NKRI harga mati bagi kita semua," lanjutnya.

Selain itu, pihaknya meminta santri dan pondok pesantren bisa menunjukan bahkan pembelajaran di pondok pesantren bukanlah sesuatu yang tertinggal.

Hal tersebut ditunjukan dengan banyak santri yang berprestasi, baik didunia akademik maupun dunia olahgara.

Disisi lain para santri diminta tidak merasa malu apabila belajar di pondok pesantren. Secara porsi dan jumlah pengetahuan santri memiliki ilmu yang lebih dibandingkan dengan sekolah umum lainnya.

Ke depan pemerintah daerah berjanji akan memberikan perhatian khusus kepada pondok pesantren dan santri. Karena saat ini banyak akhlak dan keimanan generasi muda mulai luntur, sehingga dengan kehadiran para santri bisa membantu dalam meluruskannya kembali, katanya. (*)


Editor : Joko Nugroho
Klik Untuk Share Artikel Ini >> Berita Pasaman Barat  - ANTARA Sumbar

Postkan Komentar:

Latest Update