Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Makna Pakaian Adat Minang Kabau Sumatera Barat.


Sabtu, 04 Februari 2012

Duakotopas (Padang) – Indonesia adalah Negara kaya akan budaya. Sabang sampai miraoki, masing-masing wilayah adat bervariasi dan sifat keunikan. Salah satu Provinsi Sumatera Barat.
Sumatera Barat terletak di bagian barat pulau Sumatera. Dari ibukota provinsi Padang ini mayoritas dihuni oleh suku-suku yang disebut Minangkabau. Di wilayah ini memiliki geografi yang beragam, terdiri dari dataran rendah bentuk pantai dan juga ada sebuah dataran tinggi di pegunungan.
Jadi tak heran jika Sumatera Barat telah menjadi salah satu wisata yang paling dikunjungi karena kaya di lanskap yang indah.

Selain tempat-tempat terkenal, Sumatera Barat mungkin juga memiliki kebiasaan unik. Adatnia Rumah (Beit gudang) kegiatan seperti air tanduk kerbau menjadi salah satu kebanggaan daerah.
Suku-suku yang disebut sebagai pakaian daerah sendiri ‘rekan minang’ kustom seperti suku-suku lain. Kustom pakaian yang menunjukkan mengandung makna Barat Sumatera belakang mereka.

Pakaian untuk wanita :
Gaun disebut, dan kurung “baju adat Sumatera Barat” perempuan. Gaun ini memiliki makna simbolis, yaitu:
Bagian atas, disebut tingkolok atau aikik tingkolok horny. Tabir yang berbentuk seperti Tanduk biromay emas. Tingkolok biasanya digunakan perempuan yang belajar kandwang jangka Bundu.
Arti dari tingkolok abad ini kepemilikan gudang rumah, yang berarti bahwa pemilik gudang Bundu kandwang House. Karena masyarakat memeluk ibu kelahiran minang (regangan ibu).

Bagian tengah, setiap pakaian dalam kurung dengan warna merah dan hitam dan biru, dengan dekorasi di Mansi di pinggiran kota. Dan bermakana adat ada batas-batas yang seharusnya tidak menjadi pelanggaran terhadap Bondo kandwang dan bangsa mereka.

 Selain itu, ada juga suatu kerekan yang jatuh dari bahu kanan ke rusuk kiri pada keras kepala. Disebut pane bawah, Web Clipboard berbordir emas melambangkan kebijaksanaan Kodak kandwang Bundu. Aksesoris, perhiasan, kalung, sembilan jenis bentuk, dan koleksi gelang dan cincin yang terbuat dari emas dan batu alam. Semua perhiasan bijaksana dan bermakna pemecahan masalah kandwang Bondo di wilayah tersebut.

Pakaian untuk pria :
Pada saat yang sama memiliki tindakan kustom untuk digunakan dalam bangsawan atau kebiasaan webrlis (pria) juga memiliki arti, yaitu:

Bagian atas disebut Layanan imigrasi dan Naturalisasi, atau destar berfungsi sebagai kerudung. In adalah kerut keriput yang melambangkan banyak hukum yang perlu diketahui bingholo, bersama dengan kekuasaan juga harus pengetahuan yang luas atau wawasan untuk dapat melakukan pekerjaan mereka dengan baik. Warna setelan, hitam melambangkan kepemimpinan terhormat dan handal. Surroi, suatu bentuk kekuatan kaki celana. Hal ini berarti masyarakat adat banyak sekali dan hidup bermartabat. Dikenakan, sisambing seperti Teluk besar pada kain kaos. Kain ini merah yang melambangkan berani untuk mencapai kebenaran. Chris ditempatkan di bagian depan tengah, cenderung ke posisi kiri dan tidak ke kanan untuk bingholo harus berpikir tentang sebelum menggunakan pistol dan marah cepat. Tongkat, menunjukkan kekuatan yang adalah senior dan dihormati.

Sumber : padang-online.com




Postkan Komentar:

Latest Update